Pages

Laman

Kamis, 29 Maret 2012

Analisis SWOT Bakso BOM ..

Oleh : Fairuz Fuad & Hidir Yahya


Bakso BOM ini baru didirikan sekitar awal tahun 2011. Sebenarnya, Bakso BOM ini telah mengalami pindah tangan kepemilikan sehingga yang dulunya bernama Bakso Superstar, diganti menjadi Bakso BOM.. Tetapi, hanya nama dan pilihan menunya saja yang mengalami perubahan,sedangkan kualitas dan adonan baksonya masih tetap sama .

Berikut Analisis SWOT tentang usaha bakso bom ini :

Strength (Kekuatan)
· Produk
Apa yang di unggulkan dari produk ini? 
1. Kualitas Bakso
Di lihat dari kualitas baksonya, bakso BOM ini memiliki ciri khas yang tergambar dari namanya yaitu ukurannya yang besar seperti dengan isi yang dapat menggugah selera para konsumen. Dengan ukuran bakso yang besar, bakso BOM ini berisi sumsum, potongan tulang rawan dan juga berurat dengan komposisi adonan bakso yang dagingnya lebih terasa.

2. Keunikan
• Nama produknya , yang pastinya akan menarik rasa ingin tahu konsumen.
• Pilihan porsi yang ditawarkan. Karena ukuran baksonya sangat besar, bakso BOM ini menawarkan pilihan yang bisa disesuaikan dengan porsi yang diinginkan. 

· lokasi
Untuk sebuah usaha makanan, bakso superstar juga memiliki lokasi yang cukup strategis, yaitu :
1. Diapit oleh dua mall besar yaitu Metropolitan Mall dan BCP.
2. Berada di samping terminal angkutan umum sehingga mudah untuk menjangkau tempat ini meski tidak membawa kendaraan sendiri.
3. Bakso BOM ini juga tidak jauh dari kampus, sekolahan dan pemukiman masyarakat. 


· Fasilitas 
Berbeda dari pengusaha – pengusaha bakso biasanya, pengusaha bakso ini menyediakan sebuah ruang makan yang cukup nyaman, karena dilengkapi dengan pendingin ruangan / AC, TV, toilet serta kebersihannya yang sangat terjaga. 

Weaknesses (Kelemahan)
· Lahan Parkir
Lokasi yang berada persis didepan jalan raya yang sering terjadi kemacetan,padat motor, dan batasan trotoar tempat banyak orang berlalu lalang ,serta dengan tempat yang tebatas membuat tiadanya lahan parkir yang luas,. hanya dengan memakan badan jalan motor bisa parkir namun tidak untuk mobil. Mobil hanya bisa parkir ketika kondisi jalan raya sedang sepi saja.
· Tempat usahanya masih harus menyewa dengan biaya yang relative tinggi .

Opportunity ( Kesempatan / Peluang )
· Kemungkinan, jika promosi terus dilakukan dan teknik pemasarannya dikemas dengan lebih menarik, bakso BOM bisa jauh lebih berkembang dan kedepannya bisa memiliki cabang - cabang lain seiring dengan cirri khasnya yang makin dikenal orang banyak.

Treath ( Ancaman )
· Persaingan Variasi Produk Bakso
· Biaya sewa yang sewaktu – waktu bisa naik .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar